Tuesday, February 23, 2010

LINE FOLLOWER ROBOT

LINE FOLLOWER ROBOT
( Robot Pengikut Garis )


Robot pengikut garis atau disebut juga Line Follower, merupakan sebuah rangkaian dari berbagai komponen elektronika yang dirangkai secara analog.
Robot ini mempunyai kemampuan untuk mengikuti sebuah garis di mana warna garis tersebut berlawanan denagn warna garis latarnya. Misalnya, garis berwarna hitam dan latar berwarna putih, atau kebalikan.
Untuk bekerja, robot ini membutuhkan tegangan kira-kira 12 volt. Sensor pada robot ini ada 4 buah. 3 buah untuk melacak garis sedangkan 1 buah untuk menambah kecepatan jalan pada robot.

Keistimewaan pada robot ini terletak pada IC-nya. IC jenis ini, bukan IC analog yang sudah terisi perintah-perintah seperti pada Light Follower. Untuk mengatur kecepatan robot, ketajaman saat berbelok, pengaturan batas sinar yang diterima sensor, dan yang lainnya tim menggunakan program yang ada di computer dan dikerjakan dengan bahasa C ( Computer ). Setelah selesai memprogram, data yang telah dibuat didownload ke robot. Robot dapat bergerak sesuai ketelitian pembuat dalam mengisikan angka ketajaman pada data yang dimasukkan ke IC.

image cre: google

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger