Thursday, February 25, 2010

Biaya Hidup di Malaysia

Berikut merupakan biaya rata-rata hidup di Malysia berdasarkan artikel seseorang di blog ini. Mari disimak:

A. Tempat tinggal:

Apartemen di KL (full furnished, 3 kamar) sekitar RM2000-3000. Yang mewah juga ada (sekitar KLCC) bisa lebih dari RM 4000. Tapi kalau mencari yang RM1200-RM1500 juga ada. Kalau di kota lebih kecil (seperti Melaka), RM 1000 sudah furnished, 3 kamar.

Jika tidak suka tinggal di apartemen (karena suasananya antisocial alias tidak bergaul he he he), bisa sewa rumah. Rumah teres (tidak bertingkat) sekitar RM300-RM500, kalau yang bertingkat sekitar RM500 keatas, dan semuanya biasanya non-furnished. Biaya isi rumah (TV, mesin cuci, kompor, etc) sekitar RM3000-anh lah. Enaknya kalau tinggal di rumah (bukan apartemen) adalah punya halaman, keluar gampang dan tentu bisa bergaul dengan lingkungan. Saya pribadi lebih enjoy di rumah sewa karena lebih hommy dan serasa dirumah sendiri

B. Transportasi:

Kalau di KL, mass transportation ok, anda perlu one-way sekitar RM1.3-1.5 untuk LRT ataupun bus, pukulrata anda paling habis (kalau sendirian) RM 80an sebulan, meski memang melelahkan kalo belanja bersama keluarga harus naik kendaraan umum terus.

Kalau sewa mobil (exclude bensin lho) sekitar RM1000 untuk mobil sekelas Kancil (di Indo disebut Ceria) dan RM1800 untuk sekelas Wira, kalau mau yang mewah seperti Altis juga ada (RM3000 sebulan).

Yang ideal adalah sebenarnya kredit mobil, tapi unless anda dikontrak kerja lebih dari 3 tahun, dan ada penjamin dari perusahaan (atau WN Malaysia), anda sulit untuk mengajukan kredit ke bank. Jika bisa, anda cuma membayar RM600-an sebulan sudah bisa bawa Proton Waja (kredit 7 tahun).

Cara lain (seperti yang saya lakukan) adalah membeli used car. Alhamdulillah, sebulan setelah disini saya bisa dapet Proton Saga ‘91, Automatic, 1.5i cuma sekitar RM6400 include balik nama dan pajak.

Bensin sekitar RM1.95 seliter, dan karena jalannya jarang macet saya bisa tembus 1:10-10.5 untuk mobil berumur 16 tahun. Not bad kan…

C. Makan:

Tentu juga tergantung tempat dan selera makan anda, tapi untuk yang gak bawa keluarga, bujet sekali makan RM5-6 ringgit sudah lumayan, sudah dapet minum jus, kok. Saya sendiri merasa untuk makan, di Malaysia sedikit lebih mahal dari Jakarta.

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger