Monday, February 22, 2010

TIPS and TRICKS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Walah... Ujian Nasional AKAN DATANG!!! BAGAIMANA INI????!! PUSING!
Kalau nggak lulus gimana? Kalau nggak bisa dapet nilai bagus dan masuk ke universitas bagus gimana? Kalau ini... kalau itu... dimarahin orang tua... stress... macam-macam pokoknya...

Baru-baru ini, saat pelajaran Bahasa Indonesia, ada kelompok di kelas kami yang mempresentasikan tentang murid-murid di sekolah X yang kesurupan karena stress menghadapi UAN yang semakin dekat...


Kami beri tips-tips SIAP UAN deh...

1. BELAJAR RAJIN - Kalau belajar paling tidak sehari diberi jam... misalnya dari jam 6 sampai jam 8. Lebih baik kalau belajarnya sudah sejak kelas X loh, soalnya akan terasa lebih mudah...

2. LATIHAN SOAL YANG BUANYAK - Sudahlah, kita sudah menguasai bahan, latihan terus saja, berbagai macam buku, soal, aktif cari di internet, pinjam teman, dll

3. TANYA PADA GURU KALAU TIDAK TAHU - Jangan diam saja! Kerjakan soal, eh ada yang bingung, tanya! Atau ke orang yang tahu. Guru les atau teman, it's okay.

4. BERPIKIRLAH POSITIF - Nggak usah berpikir bakal nggak lulus atau nilaimu bakal jelek. Mikir kamu bakal mendapatkan nilai sempurna! USAHA! USAHA! BERJUANG!

5. TENANGKAN PIKIRAN DAN HATI - Nggak usah dianggep banget, nggak usah tegang. Anggap saja UAN merupakan polisi tidur yang harus kamu lewati untuk mencapai cita-citamu.

6. DOA - Pasti pada sadar doa banyak dan rajin waktu mau UAN aja nih Hahaha... Sadarlah! Mohon pada Allah SWT, supaya kamu selalu diberkati saat belajar maupun saat UAN itu sendiri.
7. MOHON DOA RESTU ORANG TUA - Nggak cuma orang tua kandung di rumah aja, mbah-mbah, pakde-budhe, om-tante, komplit deh, minta doa, jangan lupa nyekar (ziarah) dan minta doa pada leluhur supaya mereka doain kamu kepada Allah.

8. SIAPKAN PERALATAN PERANGMU - Jangan sampai kurang suatu apapun! Pensil 2B jangan cuma satu batang, penghapus yang bersih, rautan, penggaris bulet kalau perlu, dll.

INTINYA SEBENARNYA ADALAH PERCAYA DIRI! PERCAYA KAMU BISA! ALLAH SELALU MEMBANTUMU! INGAT! KERJAKAN SENDIRI!

JUJUR ITU BAIK DAN ALLAH SUKA UMATNYA YANG JUJUR!


image court: dunia-astro

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger