Monday, February 22, 2010

SOUTH KOREA


Korea Selatan atau Daehan Minguk. Beribukota di SEOUL.
Dulunya, Korea Selatan dan Korea Utara adalah satu negara, tapi setelah perang karena perbedaan pendapat, maka kedua negara ini terpecah.
Sampai sekarang, daerah perbatasan Korea Selatan dan Utara dijaga sangat ketat oleh tentara negara masing-masing.

Korea selatan adalah negara berbentuk republik dan dipimpin oleh seorang presiden yang dibantu oleh seorang perdana menteri.

Korea Selatan merupakan salah satu dari Negara MACAN ASIA (Sebutan untuk ketiga negara di Asia Timur yang berperan sebagai pengendali perekonomian Asia). Merk-merk Korea sudah merajalela dan bersaing dengan merk-merk Jepang dan China. Yang kita kenal di Indonesia diantaranya LG dan Samsung.

Dalam hal pendidikan, Korea Selatan merupakan negara no 1 pemecah masalah, no 3 dalam hal matematika dan no 11 dalam sains. Pemerintah Korea juga memberika beasiswa sampai 100.000 siswa per tahun.

Menteri Kebudayaan Korea Selatan nampaknya juga tidak mau kalah. Sekarang, semakin banyak orang-orang Korea yang menjadi duta dan menyebarkan kebudayaan Korea di beberapa negara, termasuk Indonesia, contohnya beberapa waktu yang lalu sekelompok duta Korea selatan menyelenggarakan KOREAN DAY di SMA Negeri 1 Yogyakarta, lalu ada seorang native korea yang mengajar di salah satu universitas di Yogyakarta yaitu UKDW dan beberapa universitas lainnya.

Korean Wave atau sebutan untuk kebudayaan dan hiburan Korea yang mulai merambah beberapa negara bahkan di Eropa sudah mulai santer. Mulai dari boyband-boyband seperti Super Junior, DBSK, SHINee, BIGBANG, lalu ada girlband, WONDERGIRLS, SNSD, dll. Didukung serial-serialnya seperti Boys Before Flowers, Brilliant Legacy (Shining Inheritance), The Great Queen Seondeok, dll.
Di kota metropolitan seperti Seoul, jalanan cukup macet, tapi yang memenuhi jalan sebagian besar adalah mobil. Pemerintah Korea menetapkan pajak tinggi terhadap mobil-mobil luar negeri, karena itu orang Korea biasanya menggunakan kendaraan dalam negeri seperti KIA, Hyundai, dll. Rasa apresiasi orang Korea Selatan terhadap karya bangsanya masih sangat kuat.


LINKS: (click you need)
pics cre: wiki, google

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger