Wednesday, May 26, 2010

TUHAN KATHOLIK ADA TIGA?


Dewasa ini, banyak yang belum mengerti dan sering kali muncul pertanyaan, “Tuhannya Katholik ada tiga? Maksudnya bagaimana? Kalau Tuhan ada tiga, haruskah disembah semua? Yesus dan Allah Bapa, yang mana yang disembah?”


Semua pernyataan yang menyebutkan bahwa Tuhan-nya Katholik ada tiga adalah Salah Besar!


Tuhan yang disembah hanya satu. Di Katholik, dikenal sebutan Tri Tunggal Mahakudus, maksudnya Allah mempunyai tiga pribadi, jadi bukan Allah yang ada tiga, tapi Allah mempunyai 3 pribadi. Contoh yang lebih nyata, misalnya ada seorang siswi SMA bernama Tiffany. Di sekolah, Tiffany berstatus sebagai siswi SMA, di rumah Tiffany berstatus sebagai putri bungsu keluarga Handoyo, di Mall Tiffany berstatus sebagai pengunjung, di sebuah tim basket Tiffanny berstatus sebagai anggota tim, dan masih banyak lagi.Tidak berbeda dengan pribadi Allah. Allah yang menciptakan dunia, manusia, dan semua makhluk di dunia ini merupakan pribadi Allah Bapa. Allah yang turun ke dunia, memberikan contoh kepada manusia, mengorbankan diri untuk umat manusia, merupakan pribadi Allah yang terdapat dalam Yesus Kristus. Allah melindungi dan mendampingi manusia, tinggal dalam hati manusia, memberikan bisikan-bisikan baik pada manusia, merupakan pribadi Allah berupa Roh Kudus. Ketiga pribadi Allah merupakan sebuah relasi sempurna yang disebut Relasi KASIH.


Nah, gimana kalau berdoa? Yang mana yang harus disebut kalau berdoa?


Jawabannya adalah semua. Allah kita tetap satu, jadi tidak masalah kalau berdoa mau menyebut Allah Bapa, Yesus, atau Roh Kudus. Yang jelas, kita adalah satu, kita dipersatukan dalam satu tubuh. Ketiga pribadi Allah merupakan Misteri Allah Tritunggal, demikian adalah misteri Allah Yang Mengasihi.


cre: coming soon on Sigmagazine

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger